Rabu, 20 Februari 2013

esok akan lebih baik,negeriku

Mendengar kata kata masa depan,aku tergugah. 19 tahun hidup di indonesia ini,tapi apa? aku belum banyak berkontribusi bagi negara ini. semakin hari semakin banyak masalah,semakin banyak masalah semakin kompleks rintangan bagi bangsa ini untuk menjadi negara maju. bisakah indonesia ini menjadi negara maju? itu pasti tapi entah kapan bangsa ini akan menjadi macan asia untuk kedua kalinya mengingat bangsa ini pernah menjadi macan asia..sekarang macam sedang tidur,tidur untuk membuat perencanaan yang matang untuk menyergap lawan lawannya.

kembali ke topik awal tentang masa depan, aku terlahir untuk menjadi penerus kemajuan bagi bangsa ini, jika generasi sekarang kondisinya seperti ini mau jadi apa indonesia untuk beberapa tahun ke dapan?

ya inilah potret bangsa ini, sungguh miris melihat sumber daya alam yang melimpah tapi sekarang negara ini krisis energi . sebenarnya apa yang salah di bangsa ini?
apa egois? sebenarnya kita ini boleh egois apa tidak ya?

menurut analisisku,
egois bisa dibolehkan dan bisa juga tidak dibolehkan ,itu semua diliat dari kondisi dan situasinya. egois bisa dibolehkan dalam artian begini, seandainya kita diberi kesempatan untuk menjadi seorang pemenang..dan kesempatan itu tidak akan datang untuk kedua kalinya..apa kesempatan itu kita berikan kepada orang lain? tentunya akal sehat mengatakan tidak.itulah egois yang dibolehkan .ya memang terkadang hidup itu egois..kalimat ini punya esensi yang baik , baik karena mengandung nasehat yang membangkitkan semangat untuk menjadi seorang pemenang.

namun adakalanya egois tidak dibenarkan,egois yang dimaksud adalah sewena-wena terhadap orang lain .sebagai contoh jika ada orang meminta pertolongan kepada kita ,padahal kita sanggup untuk menolongnya namun kita tidak mau menolongnya itu bisa dikatakan egois..hal ini jelas tidak dibenarkan dalam agama.

jadi generasi penerus harusnya bisa membuat bangsa ini semakin maju,semua informasi yang kita butuhkan tersedia dalam berbagai media..tinggal menunggu usaha kita ..sebenarnya adakah kemauan dalam benak diri kita untuk berjuang ,belajar, dan berusaha ..

ada al hadist yang mengatakana "tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina" sebenarnya zaman dahulu jarak antara arab dan cina sangat jauh dikarenakan transpotasi pada zaman itu kurang memadai...jadi kita harus menuntut ilmu karena menunutut ilmu itu hukum nya wajib bagi muslim .ilmu yang dimaksud disini adalah ilmu agama setelah kita menuntut ilmu agama baru kita menuntut ilmu yang lain..namun sekarang terbalik kita menuntut ilmu selain agama baru setelah itu kita menuntut ilmu agama..dan bahkan tidak sedikit yang sudah menuntut ilmu selain agama tapi tidak menunut ilmu agama..sungguh riskan..

apalagi sekarang 21 febuari 2013 , di media elektronik sedang gencar gencar nya KPK menangkap para petinggi-petinggi partai politik dikarenakan mereka terlibat kasus korupsi. bahkan yang membuat saya miris dan illfeel adalah kemaren ada presiden salah satu parpol besar ini yang basic nya adalah partai islam..partai yang para kadernya adalah seorang muslim namun ditangkap karena terlibat kasus korupsi daging sapi..dan presiden tersebut adalah seorang ustad..ustad aja seperti itu apalagi yang bukan ustad..sungguh mengherankan dan sangat-sangat mengherankan..negeri ini yang penuh cerita yang tidak bisa dilogika dengan akal sehat

banyak cerita yang tidak masuk akal di negeri maritim ini..
wilayah kita adalah sebagian besar terdiri dari wilayah kelautan namun berapa banyak dari kita yang setiap hari memakan ikan laut?
padahal nilai gizi dari ikan laut ini sangat besar..saking potensi ikan di negeri ini besar  banyak nelayan asing yang mencuri ikan di negeri ini..sungguh riskan banyak nelayan asing yang mencuri ikan di negeri ini tapi kita jarang makan ikan laut..sungguh hal ini lucu bisa dibilang.

kembali ke laptop,wkkwkwkwk
permasalahan yang aktual untuk membangun negeri ini sekarang adalah negeri ini kekurangan dokter dan sarjana teknik.

kenapa hal ini bisa terjadi? aku akan membahas dari segi sarjana teknik karena aku calon sarjana teknik,insyaallah.

perguruan tinggi besar di indonesia ini setiap tahun selalu mencetak para sarjana teknik seperti UI,UGM,UB,ITB,ITS,IPB tapi kenapa bisa kekurangan?

hal ini bisa dilihat kalo para sarjana teknik lebih suka bekerja di perusahaan asing karena katanya gaji yang didapatkan lebih besar daripada bekerja di perusahaan asli indonesia.
hal ini memang tidak dapat kita pungkiri bahwa sebenarnya perusahaan asing tau dan mengerti kalau indonesia mempunyai lulusan teknik unggulan..berapa banyak orang teknik indonesia yang bekerja untuk perusahaan asing?

permasalahan yang lain adalah para pelajar SMA takut masuk jurusan di teknik karena katanya pelajarannya susah susah ..nah hal ini yang menimbulkan stigma negatif dikalangan pelajar saat ini,entah siapa yang pertama menyebarkan paradigma ini. padahal mereka belum menjalaninnya sudah bilang susah.jadi dapat aku simpulkan kalau para pelajar saat ini cenderung lebih mudah takut sebelum  mereka menghadapi permasalahan itu sendiri.

contohnya adalah aku sendiri.aku sendiri dulu tidak ada sama sekali niatan masuk teknik namun orang tua dan lingkunganku membawa aku menuju gerbang teknik. aku pernah mengalami hal yang demikian..takut sebelum menghadapi..aku berpesan kepada adik adikku jangan pernah takut masuk  teknik.hehehe


jadi negeriku,tunggulah kematangan para generasi penerus ini..aku yakin cepat apa lambat masalah msalah di negeri ini akan terselesaikan dalam tempo yang sesingkat singkatnya.amin



merdeka !!! merdeka !!! merdeka !!!

















5 komentar:

  1. Analisis yang tepat bos, mari meningkatkan kualitas diri untuk bersiap menjadi generasi emas, kalau bukan kita, siapa lagi? kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kita sedang ditunggu, ditunggu oleh Indonesia, sebuah negara maju kelak dan pasti :)
    SEMANGAT!

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti bos dengan seiring berjalannya waktu dengan memperbaiki elemen-elemen pada negara ini,isnyaallah bos pasti bisa jadi negara maju :)

      reformasi !

      Hapus
    2. bos saling follow blog bos!hahaa

      Hapus
  2. aq berkomentar dr segi kedokteran,, knapa kedokteran banyak lulusannya tapi indonesia tetap kekuarangan? krna semua tentang duit.. pemerataan tenaganya, sistemnya, pola pikir, bahkan banyak jg instansi yg aji mumpung dg buat fakultas kedokteran.. tentu krna brapapun hrganya peminat tetap nomer 1.. Oh.. God.. This is my country

    BalasHapus
  3. nah ya itu lif kesalahanyya,masih tetap ada suap menyuap demi ditempatkan di tempat yang enak..harusnya KPK berani turun lif kalo gini terus akar masalahnya gak akan terselesaikan dengan bijak lif..hohohoho lif foloow blog lif

    BalasHapus